Sabtu, 10 Desember 2011

Bruce Halle: Hanya berfokus di satu bidang usaha (2)


Bruce Halle selalu mengusung dua strategi mengelola bisnis, yakni memberikan pelayanan yang prima sehingga memuaskan pelanggan dan fokus pada satu bidang usaha. Cara ini terbukti sukses mengantarkan Discount Tire masuk dalam 200 perusahaan swasta terbesar di Amerika Serikat versi Majalah Forbes. Kini, jaringan Discount Tire yang mencapai 768 toko sudah menancap di 22 negara bagian di Amerika Serikat. Semua toko ban ini mempekerjakan 11.825 orang.
Tak mudah bagi Bruce Halle mengembangkan bisnis bannya. Sebab, awalnya banyak orang menganggap Discount Tire sebagai toko ban kelas dua yang hanya menjual ban-ban berkualitas rendah dengan harga murah. "Ini berpengaruh terhadap reputasi kami," kata Halle dalam wawancara dengan Tire Business.
Namun, dengan strategi mengutamakan pelayanan yang prima sehingga memuaskan pelanggan, Discount Tire tidak cuma bisa bertahan tapi juga berkembang. Ini juga tidak lepas dari jurus Halle yang fokus pada usaha penjualan bannya. Selama 50 tahun, ia hanya berbisnis di bidang ini. Padahal, kalau dia mau, bisa saja Halle memperluas pasar, misalnya, dengan membuka bengkel.
Memang, Halle bilang, proses penggantian ban tidak memakan waktu lama seperti melayani tune up mobil. Tapi, dalam hitungannya, kalau tokonya menyatukan jasa penggantian ban dan tune up mobil, kedua pekerjaan tersebut tidak akan selesai dalam waktu yang bersamaan. "Saya tidak merasa cocok untuk menyatukan dua jasa ini," ungkapnya.
Untuk membesarkan nama toko bannya, Halle pun memasang iklan di televisi pada 1975. Pariwara ini memegang rekor Guinness World Record sebagai iklan yang tayang paling lama di televisi. Hingga kini, iklan lawas dengan judul Thank You itu masih diputar.
Strategi memberikan pelayanan yang prima dan hanya fokus pada bisnis penjualan berbuah manis. Pada 1980, Halle sudah memiliki 36 toko. "Ketika dalam setahun saya bisa membuka tiga atau empat cabang, saya berhenti dulu sebentar," ujar Halle.
Saat ini Discount Tire menjual pelbagai merek ban ternama, seperti Goodyear, Michelin, dan Brigdestone. Termasuk beberapa ban yang khusus dibuat untuk Discount Tire, semisal Arizonian dan Roadhugger, dan merek eksklusif, contohnya MB Wheels, Victory Wheels, dan Hot Wheels.
Bisnis Halle makin menggurita. Tahun 1990, toko bannya bertambah menjadi 109 gerai. Tahun 2002, Discount Tire membuka tokonya yang ke-500. Tiga tahun kemudian, toko ke-600 berdiri, tersebar di 18 negara bagian di Amerika Serikat, dengan jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang.
Nama Discount Tire juga terbukti efektif saat krisis ekonomi menghantam. "Kata diskon memberi nilai plus," kata Halle. Sebetulnya, ia sadar daya beli konsumen akan turun. Namun, Halle bertekad, asal melayani pembeli yang datang dengan baik, cepat, dan ramah, mereka pasti akan kembali lagi.
Sejak awal membangun usaha, Halle selalu mengajarkan para karyawannya untuk bersikap ramah, tersenyum, mengucapkan terima kasih, dan meminta mereka datang kembali ke toko.
Selain menjual langsung, Discount Tire juga berdagang melalui internet. Halle membuka toko online pada 1994. Di 2002, toko ban ini sudah memulai layanan mobile phone. Di tahun yang sama, Discount Tire menempati kantor pusat baru di North Scottsdale, Arizona dengan luas 162.000 kaki persegi yang menghabiskan biaya US$ 23 juta.
Dengan semua kesuksesan tersebut, pada November 2010 ini, Majalah Forbes menobatkan Discount Tire sebagai perusahaan swasta terbesar ke-161 di Amerika Serikat. Soalnya, sepanjang tahun lalu Discount Tire mencetak pendapatan US$ 2,66 miliar atau naik 10% ketimbang tahun sebelumnya. Saat ini, Discount Tire memiliki 768 toko di 22 negara bagian. Total karyawannya, mencapai 11.825 orang.
Koran Tire Business dan Majalah Modern Tire Dealer juga menempatkan Discount Tire sebagai peritel ban independen nomor satu di Negeri Paman Sam berdasarkan jumlah outlet dan pendapatan tahunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar