Sabtu, 10 Desember 2011

Bruce Halle: Mengutamakan kesejahteraan agar karyawan betah (3)



Sebagai pengusaha yang memulai usaha dari nol, Bruce Halle menyadari betul, karyawan adalah bagian paling berharga. Itu sebabnya, ia sangat memperhatikan kesejahteraan para pegawainya. Salah satu caranya, dia mendirikan Bruce T. Halle Assistance Fund untuk membantu karyawannya yang tertimpa musibah. Halle juga aktif dalam pelbagai kegiatan sosial melalui bendera Halle Foundation, sambil tetap mengoleksi poster-poster bergambar ban.
Pelayanan prima adalah satu dari dua jurus Bruce Halle dalam mengelola bisnis penjualan bannya. Nah, untuk memberi servis yang ramah dan terbaik untuk para pelanggan, ia tidak sembarangan mempekerjakan orang sebagai pegawai.
Merekrut karyawan sesuai yang diinginkannya juga bukan persoalan yang gampang. Maklum, ia harus mencari orang-orang yang bisa bersikap ramah, tapi terampil dan cekatan. Karena itu, Halle biasanya mempekerjakan orang berdasarkan rekomendasi dari para karyawannya.
Kebanyakan karyawan berangkat sebagai pengganti ban. Namun, bukan berarti Halle membiarkan mereka terus-terusan menjadi pengganti ban. Mereka semua tetap bisa naik pangkat. "Kami selalu mempromosikan dari dalam, untuk posisi selain legal dan finansial," katanya.
Halle menganggap, kalau ia langsung mempekerjakan orang baru di posisi yang lebih tinggi, itu sama artinya dengan ia menampar seluruh karyawan tokonya. Makanya, "Itu tidak akan pernah saya lakukan," katanya.
Cara ini merupakan strategi Halle membuat karyawannya betah, tapi tetap ramah, terampil, dan cekatan dalam bekerja. Tidak perlu heran jika kemudian ada karyawannya yang bertahan di Discount Tire selama 40 tahun, dan sekarang menempati posisi yang jauh lebih tinggi dari awalnya bekerja sebagai pengganti ban.
Karyawan memang menjadi bagian paling penting dalam mengelola bisnisnya. Menurut Halle, tanggung jawabnya terbesar ada dua, yaitu kepada keluarga dan para karyawan. Bila mereka sudah tertangani dengan baik, baru ia mengurus hal lain.
Salah satu bentuk kepedulian terhadap karyawan ia tunjukkan dengan mendirikan Bruce T. Halle Assistance Fund pada 1995. Dananya berasal dari Discount Tire dan sumbangan pihak lain. Yayasan ini bertujuan memenuhi kebutuhan pegawainya kalau terjadi kejadian luar biasa.
Misalnya, tempat tinggal, makanan, dan pakaian untuk karyawan yang tertimpa bencana alam, kebakaran, atau kecelakaan lain. Lalu, biaya rumah sakit untuk penyakit mematikan dan yang tidak ditanggung asuransi.
Dengan kehadiran Bruce T. Halle Assistance Fund, Halle ingin memastikan para karyawannya bekerja dengan baik dan mencapai kesejahteraan.
Tidak salah, ketika Halle membuka tokonya yang ke-500, ia mendapat pesta kejutan yang sangat meriah dari para pegawainya, sebagai ungkapan terima kasih dari mereka.
Kepedulian Halle tidak hanya kepada karyawannya. Pada 2002, ia mendirikan Halle Foundation untuk mengurus semua kegiatan amalnya dan Discount Tire. Istrinya, Diane Cummings menjadi presiden yayasan tersebut.
Melalui Halle Foundation, Halle banyak menyumbang untuk bidang kesehatan dan pendidikan. Contoh, ia mendukung program-program American Heart Association, American Cancer Society, American Liver Foundation, American Red Cross, National Multiple Sclerosis Society, Childhelp USA, Juvenile Diabetes Foundation, dan Muscular Dystropy Association.
Halle juga menyumbang dana ke kampusnya, Eastern Michigan University untuk pembangunan sebuah perpustakaan baru.
Di sela-sela kesibukannya yang padat mengelola bisnis toko bannya yang sudah mencapai 768 toko di 22 negara bagian di Amerika Serikat, Halle menyempatkan diri mengoleksi poster bergambar. Kegiatan ini sudah dia lakukan sejak 30 tahun lalu. Saat ini, ia sudah memiliki sekitar 400 poster. "Sekarang, poster-poster itu menjadi sentuhan seni yang bagus untuk perusahaan dan gedung pusat," katanya.

(Selesai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar