Selasa, 27 Desember 2011

Rumah Tipe Kecil Masih Jadi Rebutan Konsumen

Penjualan rumah tipe menengah dan kecil terus mengalami peningkatan.
Rumah-rumah tipe mungil ternyata masih terus diburu konsumen. Larisnya rumah tipe kecil di 14 kota yang disurvei Bank Indonesia membuat harganya ikut melambung tinggi.

Dari Survei Properti Residensial pada triwulan II 2009 yang dikutip dari situs Bank Indonesia, Senin 24 Agustus 2009, disebutkan perkembangan penjualan properti residensial pada periode itu naik 26,10 persen.

"Berdasarkan tipe rumah, penjualan rumah tipe menengah mengalami kenaikan paling tinggi (38,11 persen), diikuti oleh rumah tipe kecil (25,29 persen) dan tipe rumah besar (14,89 persen)," demikian survei tersebut.

Sebagian besar responden menyatakan bahwa baik penawaran maupun permintaan properti residensial di 14 kota untuk semua jenis rumah pada triwulan II 2009 relatif tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Masih tingginya permintaan masyarakat terutama untuk rumah tipe kecil didukung oleh berbagai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pengembang baik melalui pemberian fasilitas kemudahan pembayaran maupun pengutamaan pembangunan rumah tipe kecil.

Hasil survei juga menunjukkan sebagian besar responden memperkirakan kondisi penawaran dan permintaan properti yang tetap stabil ini masih akan berlanjut pada triwulan III 2009 dan tahun 2010, dengan tipe rumah kecil dan menengah yang diperkirakan mengalami tingkat penjualan paling tinggi.

Sementara itu, masih tingginya suku bunga KPR, kenaikan harga bahan bangunan, tingginya tingkat pajak dan sulitnya perizinan/birokrasi menurut responden masih merupakan faktor utama penghambat bisnis properti.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar